LCT Pembangkit Semangat Belajar Peserta Didik


LCT Pembangkit Semangat Belajar Peserta Didik

Tampak peserta lomba LCT sedang menyimak lontaran soal yang dibacakan dari Panitia,
didokumentasikan pada, 16 Desember 2019 diruang belajar kelas XII IPA SMA N I Amfoang Barat Laut.

Sebelum mencicipi sajian ini, penulis menyampaikan ucapan selamat Natal bagi kita semua yang merayakan hari kelahiranya Sang Juruselamat. Terimah lah Salam ini dari kami SMA N I Amfoang Barat Laut. Sekolah merupakan sebuah wadah dalam membentuk karakter manusia menjadi cerdas dan produktif, melalui sekolah setiap anak bangsa akan dibentuk dididik sesuai dengan cita-cita yang dikumandangkan oleh negara, dalam hal penigkatan kualitas sumber daya peserta didik.  Semangat Negara dalam memajukan kualitas peserta didik ini lah, maka lembaga yang memeiliki andil besar dalam menumbuh kembangkan kualitas peserta didik adalah sekolah. Melalui sekolah maka tentu setiap sekolah akan berupaya semaksimal mungkin untuk  meningkatkan Semangat belajar peserta didik, yang bertujuan untuk menjawab, cita-cita yang dikumandangkan oleh Negara tersebut agar dapat diwujutkan. Dalam membangun semangat belajar peserta didik setiap sekolah memiliki strategi dan program tersendiri untuk menigkatkan semangat belajar peserta didik yang dimaksut. Secara normatif dalam peningkatan semangat belajar peserta didik dilakukan melalui proses belajar mengajar atau KBM. Namun proses pembentukan semangat belajar melalui KBM bagi saya, belum dapat digunakan dalam instrumen pembangkit semangat belajar siswa. Artinya masi banyak model dan strategi lain,  yang perlu diprogramkan oleh sekolah dalam hal penigkatan semangat belajar peserta didik. Misalnya dalam program SMA N I Amfoang Barat Laut dalam akhir tahun pembelajaran SMA N I Amfoang Barat Laut telah memprogramkan kegiatan siswa seperti LCT, Debat, paduan suara dan kegiatan keolaragaan. Dalam program ini diyakini oleh unsur akademik SMA N I Amfoang Barat Laut bahwa melalui perlombaan tersebut peserta didik akan lebih aktif dalam hal semangat belajar karena setiap perlombaan yang dinyatakan berhasil atau menduduki peringkat pertama, akan diberi sebuah penghargaan. Tentang semangat belajar jika dicermati, peserta didik akan lebih aktif mempelajari materi-materi matapelajaran yang digunakan saat proses perlombaan dilangsungkan, hal ini berbanding terbalik jika dilihat secara umum tentang semangat belajar peserta didik  saat mengikuti KBM dikelas. Mengapa hal ini dapat terjadi??? yang pertama melalui perlombaan seperti, LCT peserta didik akan menampilkan gengsinya saat perlombaan itu berlangsung kedua watak dari peserta didik secara umum berkenginginan agar setiap hasil kerjanya diberi penghargaan, ketiga karakter peserta didik pada usia remaja lebih pada pencarian jati diri. Untuk itu sekolah harus mampu menjawab kebutuhan-kebutuhan peserta didik agar semangat belajar mereka dapat tersalurkan. Dengan demikian maka program akhir tahun, yang telah ditetapkan oleh SMA N I Amfoang Barat Laut melalui berbagai bentuk perlombaan, merupakan bentuk program yang difokuskan dalam menjawab tuntutan dan kebutuhan peserta didik. Semoga melalui program ini peserta didik di SMA N I Amfoang Barat Laut dapat menjadi peserta didik yang cerdas kreatif dan produktif. Bangun Budaya Membaca, Diskusi dan Menulis.

Penulis: Gusty A. Haupunu, Guru Matapelajaran Geografi di SMA N I  Amfoang Barat Laut.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "LCT Pembangkit Semangat Belajar Peserta Didik"

Post a Comment