LCT Pembangkit Semangat Belajar Peserta Didik
Tampak peserta lomba LCT sedang menyimak lontaran soal
yang dibacakan dari Panitia,
didokumentasikan
pada, 16 Desember 2019 diruang belajar kelas XII IPA SMA N I Amfoang Barat
Laut.
didokumentasikan pada, 16 Desember 2019 diruang belajar kelas XII IPA SMA N I Amfoang Barat Laut.
Sebelum mencicipi sajian ini,
penulis menyampaikan ucapan selamat Natal bagi kita semua yang merayakan hari
kelahiranya Sang Juruselamat. Terimah lah Salam ini dari kami SMA N I Amfoang
Barat Laut. Sekolah merupakan sebuah wadah dalam membentuk karakter
manusia menjadi cerdas dan produktif, melalui sekolah setiap anak bangsa akan dibentuk
dididik sesuai dengan cita-cita yang dikumandangkan oleh negara, dalam hal
penigkatan kualitas sumber daya peserta didik. Semangat Negara dalam memajukan kualitas
peserta didik ini lah, maka lembaga yang memeiliki andil besar dalam menumbuh
kembangkan kualitas peserta didik adalah sekolah. Melalui sekolah maka tentu
setiap sekolah akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan Semangat belajar peserta didik,
yang bertujuan untuk menjawab, cita-cita yang dikumandangkan oleh Negara tersebut
agar dapat diwujutkan. Dalam membangun semangat belajar peserta didik setiap
sekolah memiliki strategi dan program tersendiri untuk menigkatkan semangat
belajar peserta didik yang dimaksut. Secara normatif dalam peningkatan semangat
belajar peserta didik dilakukan melalui proses belajar mengajar atau KBM. Namun
proses pembentukan semangat belajar melalui KBM bagi saya, belum dapat
digunakan dalam instrumen pembangkit semangat belajar siswa. Artinya masi
banyak model dan strategi lain, yang
perlu diprogramkan oleh sekolah dalam hal penigkatan semangat belajar peserta
didik. Misalnya dalam program SMA N I Amfoang Barat Laut dalam akhir tahun
pembelajaran SMA N I Amfoang Barat Laut telah memprogramkan kegiatan siswa seperti
LCT, Debat, paduan suara dan kegiatan keolaragaan. Dalam program ini diyakini
oleh unsur akademik SMA N I Amfoang Barat Laut bahwa melalui perlombaan
tersebut peserta didik akan lebih aktif dalam hal semangat belajar karena
setiap perlombaan yang dinyatakan berhasil atau menduduki peringkat pertama,
akan diberi sebuah penghargaan. Tentang semangat belajar jika dicermati,
peserta didik akan lebih aktif mempelajari materi-materi matapelajaran yang
digunakan saat proses perlombaan dilangsungkan, hal ini berbanding terbalik
jika dilihat secara umum tentang semangat belajar peserta didik saat mengikuti KBM dikelas. Mengapa hal ini
dapat terjadi??? yang pertama melalui perlombaan seperti, LCT peserta didik
akan menampilkan gengsinya saat perlombaan itu berlangsung kedua watak dari
peserta didik secara umum berkenginginan agar setiap hasil kerjanya diberi
penghargaan, ketiga karakter peserta didik pada usia remaja lebih pada
pencarian jati diri. Untuk itu sekolah harus mampu menjawab kebutuhan-kebutuhan
peserta didik agar semangat belajar mereka dapat tersalurkan. Dengan demikian
maka program akhir tahun, yang telah ditetapkan oleh SMA N I Amfoang Barat Laut
melalui berbagai bentuk perlombaan, merupakan bentuk program yang difokuskan
dalam menjawab tuntutan dan kebutuhan peserta didik. Semoga melalui program ini
peserta didik di SMA N I Amfoang Barat Laut dapat menjadi peserta didik yang
cerdas kreatif dan produktif. Bangun Budaya Membaca, Diskusi dan Menulis.
Penulis: Gusty A. Haupunu, Guru Matapelajaran Geografi di SMA N I Amfoang
Barat Laut.
Belum ada tanggapan untuk "LCT Pembangkit Semangat Belajar Peserta Didik"
Post a Comment