POSKO BELAJAR SMA N I AMFOANG BARAT LAUT, TERUS DIKOMANDOKAN OLEH SATUAN TUGAS DAN SETIAP GURU MATA PELAJARAN.


POSKO BELAJAR SMA N I AMFOANG BARAT LAUT, TERUS DIKOMANDOKAN OLEH SATUAN TUGAS DAN SETIAP GURU MATA PELAJARAN.

salah satu aktifitas belajar di posko belajar SMA N I Amfoang Barat Laut. yang bertempat di desa Faumes  yang merupakan wilayah terisolir. 

Alternatif kegiatan belajar mengajar yang diusung oleh SMA N I Amfoang Barat Laut saat pandemi,  melalui pembentukan posko belajar terus dilaksanakan hingga saat ini. Berdasarkan hasil pantauan dari setiap satuan tugas dan guru mata pelajaran yang mengunjungi setiap posko belajar, mendapatkan hasil yang maksimal dari pembangunan posko belajar tersebut. Alternatif kegiatan belajar mengajar yang dibangun melalui posko belajar tersebut mendapatkan hasil yang maksimal dikarenakan setiap aktifitas posko, mendapatkan suport posetif dari masyarakat maupun pemerintah desa setempat, dalam hal mengawasi dan memantau setiap kegiatan yang dilangsungkan dalam posko belajar tersebut. Hal ini dibuktikan dengan hasil pekerjaan peserta didik yang saat diperiksa oleh setiap guru mata pelajaran rata-rata jawaban siswa mendapatkan nilai yang ditargetkan oleh setiap Guru mata pelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi para dewan guru terkait pembelajaran saat masa pandemi Covid-19 yang awalnya dilakukan dengan cara pemberian tugas secara mandiri kepada setiap peserta didik mendapatkan kendala yang sangat serius berupa keakuratan jawaban siswa terhadap soal yang diberikan dan kurangnya partisipasi peserta didik dalam mengerjakan soal. Hal ini disebabkan oleh kemampuan ekonomi para orang tua siswa dalam membeli Hp android, dan juga ketersediaan layanan internet diwilayah Amfoang. Terkait kondisi ekonomi, juga ada beberapa orang tua siswa yang mampu mengakses HP android, namun dengan keterbatasan layanan internet, maka HP-HP tersebut tidak difungsikan dalam mengkases materi-materi pembelajaran, sebab layanan internet hanya dapat diakses pada wilayah-wilayah tertentu saja. Berdasarkan kondisi wilayah Amfoang yang sangat terisolir ini maka tawaran solusi dalam menyelematkan proses belajar peserta didik,  SMA N Amfong Barat laut menginisiatif untuk membangunan posko belajar disetiap desa, yang sampai saat ini masih dijalankan oleh sifitas akademik SMA N I Amfoang Barat Laut. Target pembangunan posko belajar tersebut adalah mendekatkan pelayanan bagi peserta didik dengan menyediakan buku-buku pembelajaran dan pemberian penjelasan bagi peserta didik terhadap materi-materi yang ditargetkan dalam RPP. Maksut dari pendekatan pelayan bagi peserta didik tersebut, yaitu untuk menjawab kendala yang dialami oleh peserta didik dalam hal mengakses layan internet dan kesulitan para guru dalam menjangkau tempat tinggal peserta didik. Semenjak ditetapkanya solusi pemebelajaran peserta didik melalui pembangunan Posko belajar, sasaran utama yang ditargetkan berhasil dilakukan oleh SMA N I Amfoang Barat Laut. Hal ini dibuktikan dengan salah satu wilayah terisolir dan terluar diwilayah Amfoang Barat laut dapat dengan muda para guru dan satuan tugas dalam menjalakan misi yang ditetapkan oleh SMA N I Amfoang Barat Laut. Wilayah terisolir tersebut adalah Desa Faumes. Meskipun capayan yang diperoleh dari pembangunan posko belajar tersebut mendapatkan hasil yang baik, namun keberlangsungan pembelajaran tersebut juga mendapatkan kendala berupa keterlambatan materi pemebelajaran dari setiap mata pelajaran. Keterlambatan materi tersebut dilatarbelakangi oleh pemberian penjelasan dari setiap guru yang dibatasi dari segi jumlah peserta didik dan jarak tempu guru ke lokasi posko belajar. Dengan kondisi inilah maka capaian materi pemebelajaran yang telah ditetapkan dalam program semester dan program tahunan tidak berjalan seefektif mungkin seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu dari keterlambatan materi pembelajaran tersebut, juga telah ditemukan solusinya anatara lain: dari setiap guru menganjurkan kepada setiap siswa untuk membaca setiap KD-KD yang belum dijelaskan agar peserta didik dapat memahami seluruh materi yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Bila dalam membaca materi-materi yang tertinggal tersebut peserta didik mengalami kendala dalam memahami materi di setiap KD. Peserta didik dianjurkan untuk segera mencatat dan menanyakan kepada guru untuk dijelaskan. Dan bila waktu yang dibutuhkan tidak mencukupi saat memberikan penjelasan bagi para peserta didik yang belum memahami setiap materi pada KD-KD tersebut,  setiap guru akan mencari waktu alternatif untuk tetap menjelaskan kepada peserta didik disaat pandemi Covid-19 berlalu.
Apapun kondisi yang dialami oleh dunia saat ini, keselamatan kecerdasan manusia hanya ditentukan oleh negara melalui Guru. Untuk itu wajib hukumnya bagi negara untuk menetapkan sistem pendidikan yang mampu menyelamatkan setiap sendih-sendih kehidupan. Sebab pendidikan itu tidak akan termanfaat apabila sistem pendidikan yang dibangun oleh negara hanya diorentasikan bagi kaum Capital. Jika sistem pendidikan saat ini yang dijalankan oleh negara diorentasikan kepada kaum kapital, maka bagi saya itu menjadi hak mutlak Negara untuk merobahnya. Bangunlah sistem pendidikan Indonesia yang demokratis, ilmiah dan berkerakyatan, dengan sistem pendidikan inilah yang akan menghantarkan rakyat Indonesia kedalam dunia adil dan makmur. Dengan demikian maka setiap lembaga-lembaga pendidikan akan menjadi benteng dalam penyelesaian persoalan rakyat.
Jaga jarak, hindari kerumunan banyak orang dan hidupkan pola hidup sehat demi memutuskan rantai penyebaran Covid-19. Setiap aktifitas yang baik akan selalu didukung oleh setiap orang dan pasti dianugrahkan oleh sang pencipta.
Penulis: Gusty A. Haupunu, Guru mata pelajaran geografi di SMA N I Amfoang Barat Laut

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "POSKO BELAJAR SMA N I AMFOANG BARAT LAUT, TERUS DIKOMANDOKAN OLEH SATUAN TUGAS DAN SETIAP GURU MATA PELAJARAN."